Bikers Tukang Sayur

image041.jpgKalo bicara tukang sayur keliling, rasanya tak ada anehnya. Maksud saya ndak ada anehnya mbahas orang yang keliling dengan gerobak yang penuh sayur mayur dan segala uba rampe yang bisa dimakan sambil teriak-teriak: “Yuuurrr…. Sayuuur!” di sekeliling komplek perumahan.

Tapi jadi lain kalo di Ternate. Rasanya akan seperti percobaan bunuh diri jika mencoba jualan menggunakan gerobak di sini. Selain cuaca yang sangat terik saat siang hari, juga medan yang meski tak se ekstrim Jayapura tapi cukup merepotkan dengan banyaknya tanjakan karena harap dimaklumi kondisi tanah Ternate memang miring.

Pulau Ternate sendiri yang bisa ditempuh dengan sepeda motor keliling pulau dalam waktu kurang dari sejam membuat para Tukang sayur harus putar otak guna melebarkan distribusi dan memperbesar market.

Meski ndak lulus kuliah atau kursus di bidang marketing tapi jika memang di darah para perantau itu mengalir otak dagang maka tak perlu mikir lama ntuk kemudian memutuskan memperluas jangkauan mereka dalam jualan sayur mayur.

Sepeda Motor. Ya, Negara kita memang benar-benar kecanduan sepeda motor. Begitu banyaknya sepeda motor berkeliaran di jalanan tanah air dan begitu hebatnya penjualan sepeda motor baru di Negara yang sudah sekarat ini.

jualan sayur

Tak salah jika para Tukang Sayur memilih sepeda motor sebagai alat transportasi mereka dalam berdagang. Praktis dan tak melelahkan jika dibanding menggunakan gerobak sebagai etalase sayur mayur mereka.

Walhasil, tak hanya di pusat keramaian pulau Ternate saja mereka bisa berdagang. Tapi bisa juga menjangkau ke wilayah “belakang gunung”, istilah yang digunakan untuk menyebut daerah sebelah barat gunung Gamalama yang sedikit penduduknya dibanding daerah sebelah timur.

Dan ternyata selain tukang sayur, ada tukang bakso dan tukang cilok atau penthol yang menggunakan sepeda motor untuk berjualan. Hanya saja saya tak mempunyai fotonya.

DAN, HEY! SEPEDA MOTOR SAYA KOK KALAH BAGUS DAN BARU DENGAN KEBANYAKAN TUKANG OJEK DAN TUKANG SAYUR DI KOTA INI YA?

2 comments
  1. kredit motor.
    cukup 500rb sudah bisa bawa pulang motor baru.

  2. ha…ha… motor nya keren2 wuehehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: