Melek Imlek

SECARA langsung kehidupan saya jaman SMA adalah kali pertama bersinggungan dengan manusia etnis tionghoa. Ini karena sejak kecil saya sekolah di kampung sehingga semua teman sekolah saya semuanya berwarna kecoklatan terbakar matahari. Di SMA saya ini memang terdapat banyak murid dari keturunan etnis tionghoa. Dan saya termasuk sebagai murid yang berasal dari luar kabupaten banyumas sehingga saat pertama kali masuk tak seorangpun yang saya kenal.

DAN MANUSIA KEDUA YANG SAYA KENAL DI SEKOLAH ITU ADALAH PEREMPUAN BERKULIT SANGAT PUTIH (BEDA DENGAN SAYA), CANTIK DAN SAAT ITU SAYA CUMAN MENANYAKAN APAKAH DIA TAHU LETAK TOILET!

Tiga tahun saya menempuh pendidikan di sekolah. Dan tak sedikit teman-teman saya yang berasal dari etnis tionghoa bahkan pernah berpacaran selama seminggu dengan salah satu diantaranya, perempuan tentunya dan dialah manusia kedua yang saya kenal yang tadi saya ceritakan. Satu hal yang saya sadari betul sejak awal, bahwa tak ada masalah serius soal ras yang menyebabkan kita menjadi tak nyaman berhadapan dengan suku, atau agama lain sepanjang saling menghormati

Tiga tahun tersebut menjadi acuan saya dalam hidup berdampingan ironisnya justru sering agak berbeda saat saya berada di dunia kampus. Tak cuman sekali saya mengalami (melihat, merasakan atau cuman mengetahui) gesekan antar pribadi yang berbeda prinsip, suku maupun agama. Itulah saat dimana saya kangen dengan masa-masa SMA, selain karena di kampus saya wanita (cantik) adalah binatang langka.

imlek 2008

Kini, saat saya sudah bangkotan, saya kangen dengan kemesraan antar suku yang saya alami di masa-masa lalu. Di tempat saya hidup sekarang, beda marga saja bisa saling hasut dan benci, apalagi beda Tuhan! Gusti, berilah hamba kekuatan untuk melihat cahaya-Mu dengan sebaik-baik penglihatan dan jadikan hamba manusia pencari kebenaran yang penyabar…

SELAMAT TAHUN BARU IMLEK, SAUDARA-SAUDARAKU!!

NB: gambar diambil dari sini

1 comment
  1. Adis said:

    Saya lihat d ternate banyak etnis ini (putih dan cantik) daripada di ambon.

Tinggalkan Balasan

