Masihkah sampeyan nonton acara Kuis?

Masihkah sampeyan nonton acara kuis di televisi? Acara kuis yang bener-bener murni cuman berisi kuis? Bukan acara talk show atau inpoTAInment yang dijejali kuis interaktip…

Saya tidak. Selain lantaran ndak punya banyak waktu menyempatkan diri menunggu jam tayang kuis di televisi, saya kurang menemukan greget dalam kuis yang ada saat-saat ini. Sadar atau tidak, bagus tidaknya sebuah kuis saat ini diukur dari besarnya hadiah. Seolah-olah semakin besar hadiah, satu atau dua miliar, maka makin baguslah kuis tersebut.

Belakangan saya berharap banyak dengan dian sastro yang menggawangi kuis who wants to be a millionaire (versi baru), namun ternyata mbak dian (maaf) hadir sekedar sebagai pemanis. Kok om Tantowi lebih enak dilihat dan didengar saat membawakan kuis ini. You know lah… terlalu banyak nelen yang manis-manis bikin enek…

Kuis jaman dulu semacam berpacu dalam melodi tidak begitu memperhatikan hadiah. Itu menurut saya dan ibu saya lho ya. Yang disuguhkan adalah hiburan yang dalam hal ini diwakili oleh musik dan dunianya. Ndak perlu pintar atau bertitel untuk bisa asyik ngikutin kuis ini. Atau kuis Aksara Bermakna, Asah Asih Asuh, dan kuis lainnya. Semuanya enak disaksikan (pada jamannya).

Apa benar kuis saat ini seperti sinetron? Menjual mimpi-mimpi surgawi, saat penonton bisa menjawab pertanyaan kuis sedang pesertanya sendiri gagal menjawab, si penonton diajak untuk mikir:

“Coba aku yang ikut kuis… bisa dapet semilyar!!!!”

Hari jumat jaman dulu, saya dan bapak ibu sekeluarga pasti ngumpul di depan tivi untuk lalu menatap Dede Yusuf membawakan kuis Tak Tik Boom di RCTI. Apa mungkin saya yang ketinggalan jaman ya? Kok saya mikir, televisi sekarang kok memisahkan anggota keluarga bukan malah mempersatukan. Wong saat ini tiap generasi punya stasiun sendiri je….

Ya memang sudah tidak jaman lagi ada stasiun televisi ber-jargon: menjalin persatuan dan kesatuan!
1 comment
  1. pritha said:

    Hohooo…kok aku setuju ya sama postingan ini??
    kayaknya emang udah ga ada lagi yg dipentingin sama tivi terutama urusan kuiz.
    Fiuhh,,, semoga generasi pertelevisian makin kreatif ngatasin ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: