Ketika Airpun Diembat Jakarta

Pagi-pagi saya yang kelaparan ini dengan setia menunggu tukang jamu langganan saya. Jam-jam seperti ini sangat riskan untuk makan besar, takut ngantuk, makanya saya nunggu mbok jamu. Mbok jamu yang dipanggil Mbok Jam ini memang selain jualan jamu, beliau juga jualan gorengan.

Akhirnya beliau datang juga. Dan langsung uluk salam dengan topik paling hangat saat ini.

Image Hosted by ImageShack.us

“Mas… wong-wong jakarta jan kebangetan banget!” tanya mbok jam sambil menaruh dagangan di kursi kayu samping kantor saya.

Whe… ada apa ini ujug-ujug tiba-tiba-sekonyong-konyong-koder naruh dagangan sampeyan terus duko, marah sama orang-orang jakarta?” tanya saya sambil mencomot gorengan yang di bawa mbok jam.

“Ha ya itu… Banjir itu lho maseBanyu kok segitu banyaknya..”

“Lha wong namanya banjir lho ya memang begitu, kata bang yos malah ini siklus lima tahunan”

Haiyah mbok sekalian bikin repelita banjir!!! Atau bikin BJP alias banjir jangka panjang…”

“Ayak!!!”

“Itu lho mas… wong apa-apa mesti jakarta lho. pembangunan megah-megah mesti jakarta. wong pinter sudah susah-susah sekolah bukannya mbangun deso malah katut kebawa nglubaninasi ke jakarta, apa-apa mesti jakarta!!!”

“Sik.. Bentar dulu.. Kok iso nglubani nasi? ngluban yang asalnya dari kata kluban itu kan sayur urap tho mbok?? Urbanisasi tho maksud sampeyan??”

“Haiyah… sama saja!!! Intinya ya cari makan ke kota. Ha wong didesa pada susah. Punya beras gak punya lauk. Jual beras buat beli lauk trus nasinya diganti thiwul, nasi aking atau malah nasi jagung, ya pada ke kota biar minimal bisa bikin sayur urap tho?”

“Hahaha… pinter!!! Lha trus hubungan antara marah-marahnya sampeyan dengan banjir di jakarta itu apa? Wong sampeyan ya ada disini slamet-slamet saja tho? Trus kampung sampeyan juga bukan jakarta, ning ngGunung ngKidul sana…”

“Ha ya itu ndak adilnya…. saya sih paham kalo pembangunan apa-apa yang paling wah yo jakarta tapi masalah banyu, masalah air mbok ya mosok diambil sama jakarta juga? Kampung saya di ngGunung ngKidul sana kan kering-kerontang melulu, mase!!!”

“Hush… sampeyan malah gitu! Wong manusia-manusia di jakarta pada susah lho akibat banjir, kok sampeyan malah nesu marah gak jelas…”

“Hehehe… saya yo tetep kasihan sama penduduknya, wong cuman mo nyari makan trus ninggalin kampung kok ya saban tahun harus kebanjiran lho… Lha yang saya bingung kan pemerintah itu, mas!! Pemerintah….” Ucap simbok berapi-api.

“Wis… Sudah! Sudah!!! Lama-lama sampeyan bakal demo ini.. Dan ingat… sampeyan njelek-njelekin pemerintah kok di depan saya yang babu negara!!! Whe… wani kowe yo….

“Mboten.. Tidak mase… lha opo kantore sampeyan di jakarta apa? lha opo kantore sampeyan ngurusi banjir apa?? Tidak, tho?? Jangan marah tho….”

“Lha gini-gini saya anggota KORPRA je!!! Korps Pegawai Ngeri Aras-arasen!!!” (aras-arasen: malas-malasan)

“Lho bukannya KORPRI, mas?”
8 comments
  1. bagonk said:

    hehehe… ada-ada saja simbok itu…🙂

  2. Anonymous said:

    waow…mbok jam cerdas🙂

    -yati-

  3. esge said:

    jakarta tuh payah…
    ga hujan…kekeringan…sampai sampai air PAM susah keluar air karena sumbernya kehabisan air..

    tapi ujan dikit juga langsung banjir..

    enakke piye, bang pi’i?

  4. de said:

    Mbok Jam pinter soale minum jamu ben dino ..

  5. Hedi said:

    si mbok jamunya disuruh ngeblog aja, bang hehehe

  6. tito said:

    korup kok air ya?jakartaa..jakartaa, wis jannn

  7. pitik said:

    ini pasti kasiat dari beras kencur sehingga mbok jam jadi cerdas…

  8. joni said:

    setuju mas, apa2 harus ke jakarta.. bagusnya pindahin aja jakarta ke tempat yang masih sepi ya??
    Jakarta menurutku sudah terlalu sumpek..

    Salam sesama babu negara.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: