THR-ewer-ewer!!

Hari-hari begini omongan yang lagi hot tentunya masalah THR. Tadi pagi bini nelpon saya dan salah satu obrolannya tentunya juga tentang THR.

“Abang dapet berapa THR-nya??”

Pertanyaan wajar, mengingat bini saya yang juga babu negara mendapat THR sebanyak 750 ribu. Dan juga kantor-kantor milik negara lainnya pasti juga menganggarkan dari dana taktis kantornya untuk memberi sedikit (atau banyak) THR.

Free Image Hosting at www.ImageShack.us

Kantor saya tidak mengenal THR dalam bentuk uang. Tahun lalu THR yang kami terima adalah dua botol sirup, dua kaleng susu, gula pasir sekilo, dua botol minuman soda ukuran 1,5 liter dan dua buah roti kalengan. Ini ajaib sodara-sodara! Kantor pajak memberi THR buat pegawainya berupa jajanan!!!

Saya garis bawahi kalo saya bicara kehidupan fiskus di kantor saya memang beda banget (mungkin) dengan orang-orang pajak di tempat lain yang sampeyan kenal. Dan apa THR tahun ini??

Makin sedikit saja. Tahun ini kami hanya menerima dua dus minuman soda kalengan. Sebenarnya ndak ada yang aneh dan ndak ada yang harus diributkan, wong orang-orang kantor saya juga tetep menerima THR mereka dengan senang dan tanpa banyak bacot. Kan sudah dijelaskan disini bahwa PNS kan sudah mendapat gaji ke tiga belas, mosok mau nuntut THR??

Tentang THR ini sengaja tidak saya tulis di blog saya di intranet pajak, takutnya nanti banyak omong. Nanti ada yang nelpon saya agar sabar dan tabah, lantaran kantor saya dianggap kantor kering, padahal kalo mau jujur-jujuran kan jatah kami ya cuman gaji berdasarkan SK tho? Lain tidak. Nanti juga malah ada yang su’udzon bahwa orang-orang di kantor saya gak ada yang protes THR-nya minuman doank lantaran sudah dapat banyak uang dari upeti wajib pajak. Ha ini nanti bakal lucu, wong orang-orang kantor saya ada sekitar 10 orang yang mudik menggunakan perahu kayu kecil lho. Jan….

Ada temen saya di kantor betawi sana bilang: “weh kalo parcel bentuk barang kan gak boleh, ning kalo bentuknya amplop piye jal? mosok dilarang juga?”

Maafkan temen saya yang goblok itu, jangankan undang-undang manusia atau laporan keuangan, wong aturannya Gusti Allah kalo dia rasa memungkinkan juga bakal dia akalin kok.

Saya juga punya temen yang meski dia benci orang pajak dan kebetulan saya juga orang pajak, namun dia masih mau berteman dengan saya.

Ceritanya begini, dia bekerja sebagai konsultan pajak di perusahaan milik om-nya. Tugas konsultan pajak selain memberi rencana produksi yang lebih menguntungkan dilihat dari segi perpajakan (yang artinya hasil sebesar-besarnya namun pajak sekecil-kecilnya) yang legal, dia juga pernah mengaku berkali-kali harus mau ikut cancut tali wanda nyang-nyangan alis tawar menawar dengan petugas pajak agar pajak yang dibayar om-nya jadi kecil.

Jadi yang terlibat disini adalah si om yang tak mau bayar pajak sesuai ketentuan, si akuntan yang ikut merubah laporan keuangan, si temen saya itu yang mengatur semuanya, dan tentu saja si petugas pajak kenalannya.

“Wong pajak itu bakal masuk neraka semua!!! Nggragas kabeh!! Rakus semua dengan duit!!! Apa saja bakal mereka lakuin buat duit!!!” begitu katanya.

Ya, kadang dari semua hal yang ada di dunia ini, yang paling kita butuh adalah cermin. Ya, cuman cermin!!!!

Berapa THR sampeyan??

7 comments
  1. esge said:

    wah aku di lap bntng juga ga beda2 jauh dengan sampeyan..
    mari disandingkan thr kita..hehe
    taun ini gula 2kg, kacangtanahmentah 1kg, kurma expired*beneran* 1kotak, biskuit 1kotak, minyakgoreng 1liter….
    mirip mirip kan, bang?
    saya sih bersyukur aja bang, daripada dapet gede trus kita nolaknya sambil nangis2 karena eman..
    hehehe…
    nanging kantor pajak tetangga sebelah saya aja, CS bisa dapet lebih 1x gaji kita..walah walah

  2. dena said:

    Masih untung dapet THR daripada ngga dapet opo-opo blas, ya toh bang Pi’i. Salam kenal.

  3. ratnaningsih said:

    thr abinya mas belu tak buka, ikardus mie instan, kata teman2 beliau isinya minyak goreng, emping, sirup, mie instan, roti kaleng.alhamdullilah dapet. lumayan.

  4. tito said:

    gak ada THR….:(

  5. Hedi said:

    Dapet THR disyukuri, ga dapet ya juga nrimo aja, wong semua datengnya dari Sing Mbaurekso, ya kan bang?

  6. wong ganteng said:

    itu dapet kurma ekspired *menyebut nama Yg Kuasa* …

    btw, saya lebaran pun tak libur, apalagi cerita te.ha.er

    selamat idul fitri bang, maaf lahir dan batin. semoga kita semua diberkahiNYa

  7. Anonymous said:

    hati-hati bang, sirupnya mungkin juga dari wp. sia-sia deh perjuangannya..
    kalau kantor (KPP atau KP4) bagi-bagi (sirup, gula atau semacamnya), mungkinkah dari duit gaji (ka kantor atau ka seksi) nya sendiri?

    senang liat kolega dgn perasaan sama.
    semoga sukses jihadnya.

    dari kampung sebelah barat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: