Doraemon yang saya kenal

Doraemon, kucing robot bikinan jepang tempat om tukang ndobos tinggal ini film kartunnya saya tonton sejak kecil hingga bangkotan kayak sekarang ini memang masuk jajaran film kartun bergambar sederhana namun diminati jutaan orang.

Film kartun ini masuk Indonesia sejak tahun 1991 dan kalo gak salah sampai pertengahan tahun 2006 tidak mengalami perubahan susunan penyulih suara (dubber) yang signifikan, atau malah belum pernah mengalami perubahan sama sekali.

Nobita memang sedikit banyak mirip dengan diri saya jaman kecil sehingga kadang merasa nyaman sekali menonton kebodohan nobita meski mendapat bantuan alat-alat moderen dari doraemon, sehingga dalam kehidupan saya selalu bisa mikir: “palingan saya bukan orang paling sial se-dunia…”

Nah, maaf buat semua yang ber-anti TV pada hari anak nasional kemarin (23/7) saya gak mengikuti jejak-jejak sampeyan karena hari sabtunya kecapekan main di pantai maka hari minggu saya cuman bisa gletakan di depan TV.

Pukul 10.00 WIT saya seperti biasa menonton film doraemon di rcti, saya terkejut karena opening nya berubah… Dan setelah diamatin, kok soundtracknya diganti penyanyinya??

Ternyata ada perubahan dubber di film itu yang dipilih melalui seleksi yang dilakukan oleh RCTI. Dan para pemenangnya menjadi pengganti dubber lama yang sudah dianggap boten kagem lagi alias tidak layak guna lagi….

Bolehlah sampeyan menganggap saya berlebihan, karena puluhan tahun mendengar pengisi suara yang sama, lalu saya kok jadi gak sreg dengan pengisi suara yang baru.

Memang… Namun saya rasa (juga teman satu rumah saya) bahwa suara baru yang mengisi tokoh-tokoh dalam film doraemon itu kurang mewakili karakternya. Mungkin karena masih baru… Semoga dengan berlalunya waktu, doraemon yang saya kenal dapat saya temui lagi..

“Doraemon kok suaranya kayak musuhnya ninja hattori!!” kata teman saya dengan sebal.

2 comments
  1. Mbilung said:

    ha kok perlu didubbing? kenapa ndak dikasih text saja….

  2. Luthfi said:

    he heh, klo dikasih teks, kasian yang belum bia baca kali yaa …..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: