Sarimi masak nggilani!!


Sebagai bangsa Endonesia asli, saya tentunya kenal dan pernah mengkonsumsi sarimi dan teman-temannya. Tergoda jeng titut yang suka posting resep masakan, saya juga ingin tanpa malu tanpa isin mencoba menulis resep masakan ala saya.

Sebagai laki-laki yang kurang begitu canggih dalam bidang masak-memasak tentu saja jenis masakan yang bisa saya bikin sangat terbatas. nah salah satunya adalah menu gila yang merupakan kreasi aneh dari memasak mi rebus instan.

Terima kasih buat bapak saya yang dulu saat ibu ndak ada memperkenalkan saya pada dunia masak memasak yang gila!

Selamat mencoba!
sarimi masak nggilani!

bahan:
  1. Sarimi rasa kaldu ayam 1 bks. (sarimi kaldu ayam merupakan favorit keluarga saya, boleh diganti dengan rasa lain sesuai selera)
  2. telor ayam 1 butir
  3. sayuran, kali ini mempergunakan daun singkong.
  4. Jika di meja makan anda ada sisa ayam goreng, ikan goreng atau tempe, bisa juga ditambahkan ke dalam bahan.
  5. air

Bumbu:

  1. Bawang merah dan putih
  2. Cabe merah
  3. Garam
  4. Lada
  5. Bawang daun

Alat:

  1. Pisau untuk memotong
  2. Cobek dan ukulele eh ulekannya
  3. Penggorengan
  4. Kompor
  5. Mangkuk untuk menghidangkan.

Cara memasak:

  • pertama bawang, cabe, dan bawang daun diiris tipis lalu ditumis sampai baunya keluar. Bawang daun sebaiknya dimasukkan paling akhir agar tidak gosong. masukkan pula irisan sisa ayam, ikan atau tempe sebagai tambahan sekaligus agar sisa-sisa tersebut tidak mubadzir…
  • Masukkan daun singkong yang telah dipotong ukuran sedang, setalah layu tambahkan garam dan masukkan bumbu yang ada di daalm bungkus mie instan
  • Setelah sayurannya mulai layu, masukkan air secukupnya (sedikit saja agar nyemek-nyemek, saya bingung basa indonesianya nyemek-nyemek itu apa), biarkan hingga mendidih
  • Masukkan mie instan lalu biarkan menjadi matang, saat setengah matang, masukan telur ayam dan aduk hingga merata.
  • Tambahkan lada yang ditumbuk halus agar semakin aneh eh sedap maksudnya…
  • Setelah mie menjadi empuk dan kuahnya menjadi kental, masakan nyeleneh ini siap disajikan.

Sebenarnya saya dan bapak saya tidak pernah kehabisan akal saat memasak mie instan agar tidak bosan tiap hari makan mie terus maka kami berkunjung ke kebun tetangga dan mencoba sayuran lainnya. Selama ini yang pernah kami masak adalah kubis, selada, daun pepaya (enak lho), daun kencur (gak enak), buncis (aneh bgt), daun melinjo yang muda (huekk!), dan terong!!! Untuk yang terakhir sebaiknya gak usah dicoba.

Terbukti, dengan sedikit kreatifitas, makan mie instan pun bisa menjadi nikmat terutama bagi anda yang nggragas bin rakus seperti saya (dan bapak saya)

bang Johan atau kang mbilung mau mencoba? Semoga saya masih diijinkan posting resep-makanan-layak-makan-namun-tak-dijamin lagi…

5 comments
  1. merahitam said:

    Duh bang…Nggragasnya kok bener-bener sih, pake nyampur daun kencur dan terong ke mi instan? Hehehehe…

    Sayangnya, mi instan rebus sudah dicoret dari daftar menu, gara-gara setiap habis makan mi rebus langsung kumat maagnya…Malang nian nasibku yak…

    Btw, tunggu ya, aku juga punya resep aneh. Tapi baru mau aku ujicoba besok siang. Mudah-mudahan hasilnya seperti yang kubayangkan.🙂

  2. Hedi said:

    aku tergoda untuk nyoba…tp bumbu asli nang mie instan digawe ga, trus musti pilih endi sarimi utowo indomie..heuheu

    PS: Suwun wis sekedar mampir😀

  3. Mbilung said:

    Sudah dicoba, sing nganggo terong … lha adanya cuma itu … biyuh rasane nggilani pol. tapi ya habis juga😀

  4. ~fitri~ said:

    walah halah bang pi’i…tega-teganya dikau memasukkan terong ke sarimi😀

  5. johan said:

    masalahnya di meja makan saya nggak ikan, tempe, ayam dsj .. yg ada cuma sambel uleg yg sudah 3 hari nggak kebuang … apa dimasukin juga pak?

    eh kalau pakai ikan cakalang enak kali ya ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: