Jalan-jalan Ke Buli, Halmahera Timur

HARI kamis lalu saya bersama kepala seksi saya dinas ke buli, sebuah desa di Kabupaten Halmahera Timur. Tujuan kami tak lain tentu saja hanya mau melakukan pemeriksaan sebuah perusahaan tambang di sana. Berikut ini ceritanya.

Buli, adalah desa yang hadir dan berkembang karena adanya perusahaan tambang disana. Penduduknya multi etnis, baik penduduk asli, pendatang dari ternate, bugis, buton, gorontalo, jawa dan tentu saja etnis tionghoa ada disana. Untuk ukuran Indonesia Timur, buli termasuk rame. Tapi untuk ukuran sampeyan yang tinggal di jawa, buli itu neraka.

Ya, pusat keramaian di buli hanya pasar yang buka jam 9 pagi hingga jam 7 malam. Jalanan yang becek. Dan tentunya sepi.

Jam setengah 11 pagi hari kamis saya dan bos saya berangkat ke Buli menggunakan pesawat Trigana Air. Perjalanan hanya 20 menit. Alhamdulillah cuaca lagi cerah. Turun dari pesawat, feeling saya mulai gak enak. Bayangkan saja kalo sampeyan turun di pesawat kayak turun dari angkot pas musim hujan. Bandara apa ini? Kok becek???

Celana dan sepatu saya penuh lumpur. Ponsel saya hanya menunjukkan satu – dua bar tanda daerah bandara Buli ini miskin sinyal. Saya dan Kasi saya benar-benar buta arah dan transportasi menuju daerah tambang yang kami periksa. Beruntung kami berjumpa dengan (sebut saja) BapakMaman Sumaman, pegawai PT Aneka Tambang yang kebetulan sedang menjemput tamu.

Dengan bahasa sunda yang terpatah-patah saya mencoba menanyakan kemungkina transportasi yang paling efektif menuju Perusahaan Tambang yang hendak kami periksa. Efek Psikologis yang saya harapkan terjadi juga.

Begini, menurut sampeyan nama Maman Sumaman yang terpampang di name tag itu nama orang mana? Otak saya langsung menangkap bahwa nama seperti itu atau Dadang Sudadang atau Cecep Gorbacep adalah orang sunda. Dan seperti jutaan perantau lainnya akan sangat senang jika perasaan kerinduan akan kampung halaman ada yang menyentuhnya. Hasilnya?

“Bapak naik bis bandara dulu nanti mintya turun di PT Antam, dari sana saya akan antar Bapak-bapak. Soalnya mobil kami penuh jadi kita bertemu di sana saja, Oke, Pak?”

Senyum saya melebar…

BULI, Kecamatan Maba, Kabupaten Halmahera Timur adalah sebuah desa kecil yang termasuk rame untuk ukuran desa di pulau Halmahera. Saya akui saya berharap terlalu banyak saat hendak berkunjung kesana. Saya terlalu antusias dengan kata “rame”.

Transportasi darat adalah cobaan terberat saat saya bersama Kasi saya yang telah saya tulis di sini. Hanya mobil-mobil yang terpilih yang bisa bertahan di jalur darat Buli yang semuanya bagai jalur off road. Mobil yang paling banyak saya jumpai disini adalah mobil Mitsubishi Strada. Ya, butuh performa mesin yang bukan main-main untuk bisa melalui jalanan di sana.

Lebih terkejut lagi ketika saya sampai di pusat kota Buli dimana mobil yang dipakai untuk transportasi umum antar kota seperti Buli – Subaim – Sofifi (calon Ibukota Propinsi Maluku Utara) kebanyakan bernilai 500 juta ke atas! Jarak Buli dengan Subaim yang berjarak kurang lebih 40 km harus ditempuh selama 4 jam!! Bayangkan jika sampeyan menggunakan mobil ceper bermesin melempem?!

Ongkos mobilnya juga gak baen-baen. Untuk trayek Buli – Subaim kita harus merogoh kocek Rp. 200 ribu! 40 km seharga 200 ribu??? Dan Subaim – Sofifi harus keluar uang kurang lebih 300 ribu lagi itupun harus ditempuh selama 5 jam pula!

Perjalanan darat adalah alternatif kami berdua untuk pulang ke ternate karena penerbangan baru ada hari selasa minggu depan. Dari Buli kami berencana Ke Subaim lalu nyambung ke Sofifi. Dari Sofifi kami berencana naik speed boat menuju Ternate. What a plan!

Anda mengeluh jalanan berlubang atau rusak? Ndak malu sama penduduk pedalaman? Kita sama-sama orang Endonesia lho….

About these ads
146 comments
  1. adis said:

    Yah buli mah belum ada apa-apanya sama bula, Seram Bagian Timur, mas. Mending disitu Trigana udah masuk, lha disini baru ada derraya itupun pesawat non komersil dicharter sama perusahaan minyak. Dari masohi kalo lewat jalan darat sekitar 12 jam, dengan jalan yang tahu sendirilah…padahal kalo pake pesawat cuman 50 menit dari ambon. Foto-fotonya bisa dilihat disini nih http://moluccan.wordpress.com/2007/06/26/pergi-ke-bulan-naik-kijang5-pictures/
    Btw, tolong link-ku di update ya mas, http://adis.web.id/

    • Rina said:

      Maaf, saya mau ke Antam, Buli. apakah ada Info hotel dan sewa mobil disaerah sana ?? dan berapa biayanya?

      terima kasih yha…

  2. Anang said:

    wah jalan2 terus.. asik bisa jalan2…

  3. -tikabanget- said:

    ya oloohh…
    padahal barusan kemaren aku dari padang aja dah lumayan ngomel..
    masak cewek jam 9 ke atas berkeliaran ditangkep satpol PP..
    ternyataaa..
    tapi seru juga tuuuwww..
    mesti view alamnya bagus…. ^^

  4. kay said:

    yang anda foto ini adalah.. tempa tinggal kami, tempat kami mencari uang, salam kenal tambang yang anda kunjungi adalah tambang tempak kami mencari kehidupan & peruntungan
    mobil yang anda tumpangi adalah mobil perusahaan kami…senangnya LV 16 keliatan di sini

  5. macangadungan said:

    humm.. yg heran itu sama bandara becek..
    ga kebayang gimana landingnya…

    *salam kenal ya

  6. wkurniawan said:

    kalo di kota di jawa jalanan jelek udah pantes kita ngedumel kang,kalo di pedaleman luar jawa kayak gitu kita mestinya juga lebih ngedumel.. di mana nih pemerataan pembangunan?

  7. Andro Noor said:

    wow…. ga tau ngomongnya gimana, tapi salutte buat sampean, saya kira saya sudah cukup terpencil untuk sukses di blogosphere, ternyata masih ada yang lebih terpencil dan lebih berhasil!

    @angkat topi buat bangpay, tabik!

  8. lo biasa manggil gue dadang..he he said:

    pay…bro…long time no c..gue arrumer..penghuni gelap kamar angki…he he

    smoga lo cepet balik ke jawa..mo via d4..fungsional or etc..dan semoga..gue juga ga jauh2 pay..jujur agak ciut gue baca artikel2 lho…fiuhh…

    lo emang tangguh bro
    btw salam buat istri lo
    see ya

  9. ANGGAnteng said:

    denger cerita sampeyan keliatannya asik yah… jadi kepingin kesana neh… tapi paling2 cuman bentar. haltim i’m comin

  10. peter said:

    kalo cuma ke buli cari aja mas annis di sofifi…offroader sejati..
    slam..

  11. aditya said:

    ternyata di buli lebih parah dari pda di subaim.
    Subaim masih enak perkembangan juga semakin pesat sejak di bukanya tambang nikel di subaim

  12. tari said:

    buat kay
    minta dong informasinya tentang buli, soalnya ada saudaraku kerja di buli, di tambang juga..
    salam kenal

    Tari

  13. muqni said:

    wahh… abis baca tentang buli agak miris juga yah… padahal mulai besok aku harus ke Buli untuk urusan pekerjaan dengan PT. ANTAM dalam jangka waktu yang ga sebentar. Kira-kira kalo bawa istri, ngomel ga ya???

    mina sarannya ya mas…

  14. yoy gethosss said:

    waduh bosssss . . . . . .
    buli itu kita pe kampong.
    slamat ya, akhirnya bosssss bisa smpe juga di kita Pe kmpong. trusssss slam buat kay, mudah2han bisa beta di Buli.

  15. Anastasia said:

    aduuh….hik hik hik….akhirnya aku punya teman seperjuangan yang pergi ke Buli…..tapi aku cinta Buli meskipun aku bukan orang Buli,,,….aku banyak kenangan di Buli sono…buat yoy gethosss,salam kenal…..juga buat Kay…aku punya Kk di Buli yang kerja di Yudhistira Bumi Bhakti…moga bisa ketemu di Buli…cayoooo buat Buli.

    • ritz said:

      buli memang indah
      nak mana neng
      aku orang buli

  16. yoy gethosss said:

    mungkin banyak yang tidak tahu,kalau ternyata kampung kecil yang banyak mnyimpang kkayaan SDA yang skarang kalian tempati dan kalian bicarakan juga merupakan salah satu kmpung seorang artis papan atas indonesia yaitu mbak melly goeslaw anak dari seorang artis kondang maluku utara almarhum melky goeslaw.

    salm buat anastasia
    boleh tau alamat lengkap nya di buli dimana ya?

  17. weh blog ini masih ada yang mampir…

    anastasia: kebetulan saya waktu ke buki ya meriksa PT Yudhistira itu… hehehehe

    yoy gethos: kay itu siapa tho???

    mbok ya pada mampir ke http://www.bangpay.org donk… (promosi)

    terima kasih udah mampir..

  18. yoy gethosss said:

    mang PT. Yudhistira ada kasus apaan sampe harus diperiksa?
    mengenai pay, aq juga kurang tau, katanya sich dia karyawan dislah satu perusahan dsana.

  19. Anastasia said:

    yoy gethosss…sorry kelamaan..waktu saya di Buli tinggal dkat Dermaga…trus belanja di Graha..kalo kamu dimana??Nama kamu??:-)

    Bangpay….waktu ke Yudhistira meriksa apaan???

    buat Bangpay dan Kay….sukses terusssss

    • Saphira said:

      Eh,,,,,semua tulisan kalian bikin aku semakin penasaran untuk menginjakkan kaki di Buli. Dan keinginan ini semakin kuat…….
      Kalau kalian mampu,,,,,,,,,,kenapa aku tidak ??

  20. emi said:

    asiiikkk skali…stlh lama tinggal di jawa, pengen bgt liat buli…!!!
    akhirnya ada jga yg nulis ttg buli…tpi ko knmntarnya kaya gitu sehh….emang sih knyatannya kaya gitu…hehehe

    tp saya ttp bersyukur dilahirkan di buli! skrng perkmbngan buli makin pesat aja!!!

    BTW…
    slm knal buat kakak di ats yg pernah mampir or tinggal di Buli. Semga Buli bisa mmberikan penglaman yg ga bklan dilupain walaupun becek ato ga rame ya…!!!

    • ritz said:

      wata io memi… macam so kangen lia buli lagi… desember pulng la rame2 torang pigi di pulau
      makasi bos so kse lia buli…

  21. emi said:

    kk2 yg di atas di buli tnggal di mana???

    bln dsmber ada di Buli ktrada??

    natalan ke rumah eee….

    qt tinggal di blkanag Gereja Maulang Buli!!!

    slm kenal buat kak yoy dan kak anastasia!!!

    kak yos, kenal keluarga goeslaw di buli ya???

    slain keluarga G, ka yoy knal marga apa lagi??

    Thx

    • henny said:

      emang bener melly goeslow papa nya orng buli.

  22. bangpay said:

    huaaa masih rame aja postinganku ini… :)

  23. zaid said:

    iyo sonoo turus ngana di jawa,pemerintah haltim so mo jual buli di investor asing yang tanam saham disini,qt di buli tinggal di buli karya samping kiri rumah ke enam penginapan nusantara tapi skarang qt masih di ternate,rencana tanggal 6 november mo pulang ke buli mo kase maso proposal di tambang, emi kul di jawa or cuma jalan2 ja ke jawa truss kapan ke buli?????
    punya no hp katarada???

  24. yoy gethoss said:

    soryyy
    zaid tu qt pe nama lain.

  25. emi said:

    qt tratau kalu ada penginapan nusantara di bulkar
    coz qt so lama tra plng di buli!!
    ka2 orng buli asli?

    smp di mana?
    qt kuliah di jawa tepatnya jogja!!
    ada no hp…

    masa iya dg mo jual??
    mang pmerintah tra pqr masyarakt buli ka??
    lama2 akang tg jd orng asing sdh…maso di buli pake paspor!!
    hehehe

  26. emi said:

    ka2 punya friendster trad?

  27. Anastasia said:

    Zaid n Emi, salam kenal juga…kita bkan org Buli tp qt suka sx m pg k Buli lagi…maen2 di dermaga..qt pe kk tggal di Oma Sanger pe rmh, samping lapangan….qt rindu mo pg lagi,….qt rindu m nae Nur Abadi II dari Tobelo….Zaid n Emi punya no hp ka tarada?klo mau lbh dkat nih qt p alamat email:tasyabrild@yahoo.com, trus no hp:081244058855/081356366685….Zaid, nanti Januari ko ada di Ternate kah? qt mo pindah kerja di Ternate..biar lebe dkat deng qt pe kk….biar bisa ktemu ngoni2 samua…oiii toh!

    Buat katorang pe BangPay…thannnnnxxx byk neh….coz ini t4 so bekeng torang samua senang……GBUAll

  28. get's said:

    qt pe friendster blum bikin,emi punya ada katarada? minta kaaaaa,kita smp,sma sampe kulia smua di ternate ni qt pe no hp. 085240296166 dan ini qt pe e_mail: gethos_86yahoo.com.
    buat Anastasia bulan januari qt di ternate,kalau mau nanti qt jmput Ok !!!!!!!!!!!!!!

  29. get's said:

    qt pe friendster blum bikin,emi punya ada katarada? minta kaaaaa,kita smp,sma sampe kulia smua di ternate ni qt pe no hp. 085240296166 dan ini qt pe e_mail: gethos_86yahoo.com.
    buat Anastasia bulan januari qt di ternate, nanti qt jmput,kalu mauuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

  30. emi said:

    to:k’tasya
    mang ka2 skrng di mna?
    Januari tgl2 brpa ke Tte…

    ktemuan yuuk….tpi qt ada di Buli seeh!
    thn baruan di buli aja….kalooo mau sehh!
    oh qt tau itu oma sanger, kalo tra salh dp cucu or ank ada yg nama uto!!!

    oh iyo no qt pe alamt email sklain FS : gbmylife@yahoo.com!!
    qt so dapa no jdi nnti qt misscall spya k’tasya n k’said tau qt pe no!!

    kpn mo ke buli ni k’said?
    ktanya mo kase maso proposal di perusahaan??
    proposal ap?

  31. emi said:

    to: k’said

    oh gitu ya…di Tte smua…

    pantas sja qt tratu!!!

    klu qt SMP di Buli!!!

    tu qt pe FS di ats,, slkan diliat…hehehe!

  32. love2serendipity said:

    Hahahahaha… Masih rame aja ya bang! Hihihi…

    Ke Buli? Hm… Ntar kalo Bangpay mau nemenin :)

  33. Marolop Silalahi said:

    wow

  34. marolop silalahi said:

    Keren juga ya kalau bisa datang kebuli, o ia ngomong2 ada tambang apa aja di buli kawan.

  35. marolop said:

    mbak emi!salam buat orang2 buli.

  36. emi said:

    Main aza ke buli…ngga bakalan ada yang ganggu ko….orang2 di sna baik hati lagi….hehehe promosi!

    Tpi kalo mau dtng slkan aza….orang2 buli pasti trma!

    Marolop: emang pernah ke buli ya?
    Nnti aq blangin salamnya ke orang buli…
    tpi siapa aza?masa semuanya….???

    Stau qu prshaan tambang yg ada di buli yaitu:
    1. PT. Aneke Tambang
    2. PT. Yudistira Consorsium….ni klo ga keliru nmanya
    3. PT. Geomin
    4. PT Dian

    di buli adanya tambang nikel…yg plng banyk.
    emas jg ada
    kalo ga slh masih ada lagi tpi lpa …or bsa aja cma itu.
    nnti kalo dah tau infrmasi yg lngkapnya, sya akan bertau..hehehe!
    Skdr info: prsahaan kayu jga pernah ada di buli dan mngkin mash akn ada yg bermninat untk membuka lpngan pekrjaan di bidng ini!

    slm knl untk smuanya!

    • ari said:

      met, sore! kayanya asyik jg tuch kalo trip ke HALTIM. pasti daerahnya masih asli bgt y. kalo dari jakarta brp jam y?

  37. emi said:

    oh ya buat kak muqni…

    tngan aja buli ga se2rem itu ko…
    kalo dah tinggal lmyan lama di sana pasti kerasa jga snngnya.
    qu harp kak muqni bsa betah di buli dan mmpunyai pnglaman yg ga bklan dilupain.

    “Mungkn benr bagi org2 yg biasa hdup di kota2 besar sperti di jawa akan merasa kspian krn di sna ga da mal lyknya di jawa, kendaraan jga sgt sdkit, infrastrukturnya jg jlk…dan mngkin msh banyk lagi penilaian2 mngenai buli.

    Tpi bgi sya hidup di buli mengjarkan bnyk hal, misalnya lbh menghargai hidup dan memndang sstu scra berbeda.
    Krn hdp n dibsarkan di tngah2 bdaya dan masyrakat buli yg cukup kntal dan keras mmbrikan bekal hidup yg baik bagi sya dlm perantauan. knpa…???
    krN mnrt qu: penyesuaian dri kota ke desa lbh sulit darpad dr desa ke kota. Dan itu yg qu almi.

    Bila satu saat nnti aq prgi atu kmbli ke sbuah desa, di manapun itu, aq ga bklan kaget dgn smuanya krna aq sdh pernah hdp sprti itu.
    itulah pljrannya.

    Bgi mrka yg trll hidup dl knyamanan hal itu akn sgt slit dilkkan.
    Itung2 buat pnglaman ah krna tak slmanya orng akan hdp dlm knyamanan.

  38. marolop said:

    Thanks ya infonya mbak emi. kita memang mau datang kebuli ini.mo cari kerja siapa tau di terima.kalau emi sendiri kerja dimana?katanya buli itu daerahnya bagus ya?kalau saya sih belum pernah ke buli cuma pernah liat buli di peta. salam ya buat orang buli.

  39. marolop said:

    emi !,sekarang ngana ada tinggal dimana,di buli sudah ada warnet ya?om soni masih ada kah tarada di buli?tlng sampaikan salam dan ucapan selamat hari Natal saya buat om soni ya.thanks.

  40. emi said:

    met natal n tahun baru….

    Marolop ngana org apa?

    qt blom krja, msh kuliah!!!

    bgus….pulau2 ma sungainya bagus2 kooo….jernih lg!!!

    kalu blh tau om soni spa?
    karja di mana n tinggal di mana?”

  41. marolop said:

    kita asli orang indonesia asal dari sumatra emi,kenapa ngana nanya kita orang apa emi?ngana kuliah dimana emi n sudah tingkat berapa?

  42. Ya ampyuun. Kirain cuma ada miskin pulsa,nah kalo di buli malahan miskin signal;D

  43. emi said:

    kirain org dri Mlku jga coz ada make ngana, kita…gitu..!!!

    qt kul di Atma Jaya Yogyakarta…..

    Bru mau sm 6!!!

    kpn maen ke buli…???

    Ganteng miskin tu spa???

    emang sihhh di Buli signalnya ga bgus….

  44. emi said:

    Bang Pay….meu nanya

    kalo mo nunjukin gambar di sini, carnya kya apa ya…???

    aq punya foto sisi buli yg lain….hehehe

    yg lbh mnarik minat drpada Bandranya….

    Btw…ruang tunggu bandara Buli dah dibangun yg baru, spretinya akan lbih nyaman!!!

    Wktu qu plng Dsmber kmrn blm jdi seeh….

    tp ngitung2 ada kmjuan laahhh

  45. marolop said:

    tarada emi kita bukan orang maluku hanya kita pernah tinggal di maluku jadi kita tau bahasa maluku.

  46. Bangpay said:

    Kirim saja ke imel saya pangiinside@yahoo.com, kalo emang fotonya bagus (kualitas dan angle-nya) mungkin ta’ upload…

    Atau kenapa ndak bikin blog sendiri? Biar makin banyak blogger maluku utara? :)

  47. emi said:

    k marolop…

    om son yg kak tanya, itu om son yang marga Tukunan bkan?

    yang rmahnya dkat Geomin….trus punya 2 ank prmpuan…???

  48. april said:

    Mas coba deh..jalan2 ke Rampi Kab. Luwu Utara Sul-Sel dijamin lebih OK, lebih menantang dan pasti lebih seru

  49. Daniel said:

    Halow mas,,,,

    Saya barusan awal bulan kemaren baru dari sana…. ongkos kendaraannya tambah parah mas…. dari buli ke maba harus ditempuh jarak 6-7 jam perjalanan. Itu pake Toyota Land Cruiser Turbo… ongkosnya sekali jalan (karena kami sewa) adalah 2,5 juta…. Sh*t !!! Piuffff, bener2 neraka deh…

  50. Syawal Nugrahanto said:

    Terakhir sy dr Buli-Sofifi 12jam karena nunggu mobil yg rusak di Subaim.. Dan mabuk jg, ga tahan jalannya.. Hiks..

  51. Daniel said:

    Kapan ya di buli ada jalan tol n jalan layang?

  52. nyong ganteng…….

    apa kabar………….?

    aku awan dijogja,

    aku mau nanya bagaimana keadaan dihalmahera timur dan bagaimana perkembangannya………?

  53. nyong ganteng…….

    apa kabar………….?

    aku mau nanya bagaimana keadaan dihalmahera timur dan bagaimana perkembangannya………?

  54. nyong…….?

    kong ngana so pigi diMABA ka bolong….

  55. spa sajaaa said:

    Slm knal buat awan…
    jogja di mna???
    UPN bkan???

  56. darus said:

    buli itu kurindu
    teluk nan indah , tapi kini aku jauh

  57. ninoed said:

    wooeey!!!!!
    boeli kdpan mkin mntap tw!!!
    haii,,,,bangpay!
    lam kenl!!
    btw,knal pak daryanto gk????
    yg di geomin???

  58. mr. zul said:

    kangen sama tmn, and suasana hutan perjalanan ke ternate via jalan darat, walaupun sudah 4 kali pulang pergi via jalan darat kayaknya masih kangen aja, naik-turun lewati sungai dataran tinggi with strada 4wd :), unfortunetely gambar2 aku hilang hasil jepretan sempanjang jalan yang viewnya bagus, make me home sick i wanna be there. just to feel the rain at the forrest

  59. lilis said:

    aq prnh pux tmn dkt krj d sana lho… tp aq hmpir g prcy kl situasix ky gt,,, tp pas dy ksi liat photo2x d sana, masya Allah…….. susah bgt ,,,!!!!!!

  60. mike makahenggang said:

    emang shii perkembangan buli makin peesat aja …, jd kita hrs bangga jady orang buli…,

  61. adam getoes said:

    mudah-mudahan haltim mkn maju,slm buat penerus haltim,,,!!!jng lupa utk slalu perjuangkn haltim,masa hanya mau orng luar yg perntah torang tyu,,,trus mahasiswa yg kulia jauh tyu jng cmn barmain lagi,isi otak tyu la pulng kse kembangkan haltim,,,,

  62. adam getoes said:

    oh ya anak2 yg ada di daerah sana tu,jng talu pamalas lg,,bawa parang la bakobong kong,ngony mo harap perusahan yg hanya sektor non real tu,,???? pikir sadiki,,, kobong tu masa dpan ngoni pe ank cu2..

  63. marsel said:

    tolong kirim logo yudistira bumi bakti

  64. aji said:

    buli itu kita pe tempat lahir..dan menurut kita kota yang capat berkembang……….

  65. roland said:

    aq hanya mau blang,klau orang buli jngan terlalu jual tana,entar beso2 kalian beli tana di orang luar,..dan kpada pmda desa agar lebi memperhatikan anak2 muda yng pngangguran,biar di perkerjakan di prusahan2 tambang yang ada di buli,biar kdepanx ngga jadi gelandengan.walaupun cma sebagai orang terpal ditambang yang pnting dpat kerja…..dan jangan hanya pikirkan msa kni,tpi pkirkan msa dpanx.

  66. PUTRA WATO-WATO said:

    waktu kita terbang deng trigana,kita lia babale kri-knan tanjung buli, maba pura,soagimalaha…apa yg kita mobuat untk Haltim….kalu inga kdang manangis, kadang tatawa walau ujang emas,permata ditanah orng tapi Buli selalu ada dihati…
    PUTRA WATO-WATO

  67. cahya said:

    ya buli belum begitu parah coba jalan ke subaim ditengah hutan jalannya cukup menantang

  68. suva said:

    sdh agak lumayan jalan buli- sofifi bang,,yg lebih parah jalan rute buli – maba…
    salam sukses bang pay

  69. cahya said:

    bagaimana dengan jalan subaim-sofifi, gunung roni apa sudah baik atau masih berlumpur

  70. dieva said:

    wah,,,, jd kangen dengan buli……. tpi prlu di ketahui jg buli pd thun 2007 bdah lho dngan buli sekrang,,,,,,,,,,, alhamdulillah skrg jlnx jg da mlai bgs2,,,,, dlu kn ke bandara jlanannya hrs lwati gunung2,,,,,, skrang ga lag lho….. dlu btuh beberapa jam tp skrng hanya btuh beberapa menit da nyampe di bandara,,,,,,,,,,,

  71. esti said:

    aku terpesona dengan keindahan buli….tak puas2nya aku memandang laut dan gunung yang mengeliling buli….aku rindu dengan cakalang asapnya… selama 1minggu di buli aku jatuh hati……buli tidak seseram gambaran diatas….penerbangan tiap hari udah ada….pagi dan sore….jalanan gak parah2 banget….memang bandara perlu dibenahi…..aku kesana audit Antam…aku juga ke Yudistira Bakti….aku ke buli pertengahan desember 2009……aku ingin suatu hari nanti akan kembali ke Buli nan elok

  72. rian said:

    buli adalah kota yg indah, wlaupun infrastruktur”y blum memadai namun didalm”y trdapat suatu keindahan yg luar biasa,, contohnya alam yg msi murni “kususnya di dlm daerah buli” kalau di luar si g tw , laut ,gumung yg indah, masyarakt yg ramah, q tw itu smwa krna q jga slasatu org yg cukup lama di buli,, q cma mohon agar ke indahan itu slalu di pertahankan sampe akhir zaman. o ia slam wat org buli smw trutama warga kali jodo.

  73. rian said:

    buli adalah kota yg indah, wlaupun infrastruktur”y blum memadai namun didalm”y trdapat suatu keindahan yg luar biasa,, contohnya alam yg msi murni “kususnya di dlm daerah buli” kalau di luar si g tw , laut ,gunung yg indah, masyarakt yg ramah, q tw itu smwa krna q jga slasatu org yg cukup lama di buli,, q cma mohon agar ke indahan itu slalu di pertahankan sampe akhir zaman. o ia slam wat org buli smw trutama warga kali jodo. i love you buli

  74. ih Wow! tq buat tulisannya.. lagi butuh bnaget nyari banyak hal tentang Maba, ada tulisan yg lain gak? misal biaya hidup dsb.
    tertarik pengen kerja di sana hehe
    nuhun.

  75. olden said:

    sekarang buli hancur oleh karna pimpinan yang hanya mementingkan diri sendiri.
    kapan yaah buli akan maju?
    kt tau haltim kaya itu hanya namanya saja tapi penduduknya miskin,

  76. yosua said:

    siapapun yg memimpin buli tak akan maju kalau gedung putih/iyantoa masih berdiri di buli asal

  77. aris_dsuryadi said:

    rekan2 ada yng bisa kasih profil /data demografi Kabupaten Halmahera Timur kah?
    please sent to : aris_dsuryadi@yahoo.co.id

    terimakasih

  78. sussie said:

    buli…buli…
    jangan sekali-kali mengatakannya tidak baik….
    jangan disejajarkan dengan kota jawa dll….!!
    kota yg pebug dngan polusi dkk…
    beda dngan BuLi..sungai2,,kali,,air terjun,,pulau2…yang sangat indah dan memukau…
    mungkin mas hanya liat casingnya aja,,ga liat dlamnya..
    sya akui,,,tak seindah pulau dewata BALI….

    tpi ckup tuk membuat AQ terkapar menangis karena merindukannya…..!!
    karena rindu akn keindahannya….!!
    trmakasih Mass,,dah membuatnya muncul dsni…!!makasih..
    BULI LOVE YOPU FuLL…..sangaddddddddddddddd!!!!!!!^_^

  79. feno-puri said:

    Buat mas Pay, buli memang msh ketinggalan dengan wilayah lain di pulau jawa, tp spy loe tau hasil SDA cukup memberikan kontribusi untuk bagi pendapatan negara dan daerah, jadi mestinya komentar anda bukan keburukan infrastrukturx tetapi keindahannya sehingga dapat memotivasi investor untuk membangun haltim. buat teman2 di Buli salam kenal qta juga orang buli alumi SMP Negeri Buli tahun 1990, sampaikan qta pe salam buat bung Berth Barabakem, bung Jais Guslaw, serta teman2 seangkatan di SMP dulu, moga qta ktemu utuk bangun Haltim (khsusx Buli tercinta). by Fence Purimahua – Ambon

  80. Munadji said:

    Wah makasih sekali Bangpay dengan informasi yang ada tentang Buli..tapi saya bangga…karena itu lebih baek dari tahun sebelim saya meninggalkan Subaim yang informasinya sekarang sudah sangat berkembang…sebagai informasi awal saya memang bukan asli Haltim cuman saya dibesarkan di disana tepatnya di Subaim tahun 1982 orang tua saya transmigrasi ke sana di SP IV, SD,SMP saya di Subaim SMEA di Tidore sempat Kuliah di UNHAER cuman belum sempet beres saya masuk kerja di PT Antam, Gebe dan sekarang saya rindu ingin kembali ke sana..dan sekarang saya ada di Jakarta, mudah-mudahan dengan ijin Tuhan tahun dalam waktu dekat saya mau kesana ketempat dimana saya dibesarkan, ingin rasanya saya ikut andil membangun daerah dimana saya dibesarkan….salam kenal buat semau….

  81. feno-puri said:

    Kepada Yth. Bupati Haltim Bpk Rudy Erawan, SE tolong Bapak liat Website Pemda Haltim sudah kadaluarsa data-datanya tidak up to date gimana kita bisa mengeksplore Haltim kalau begini Pak, kalau ada teman-teman di Buli yang baca pesan ini tolong sampaikan sama Bupati buktikan janji untuk mensejahterakan rakyat Haltim dengan memanfaatkan potensi SDA, jangan cuma sektor pertambangan yang jadi andalan gimana mau maju, Haltim punya SDA yang luar biasa selain tambang, misalnya Sektor Kelautan, Pertanian, Perkebunan, Pariwisata, dll mesti didorong jangan Pimpinan SKPDnya bolak-balik Jakarta untuk kepentingan pribadi dong tinggal di Hotel bebrbintang tapi tidak ada bukti peningatan pembangunan infrastrukturnya, semoga dengan kepemimpinan Bupati yang baru harapan menuju kearah yang lebih baik dapat tercapai, terima kasih, GBU

  82. inka said:

    sebelumnya salam kenal buat bang pay,,n makasih banyak buat abang yang telah memberikan info.mengenai buli,,walaupun komennya kga okkeh gtu,,, dan walaupun menurut abang daerah buli,,air port’a becek n jalan berlumpur,,tapi saya sebagai anak daerah (campuran)bpak jawa,,,saya tetap bangga dengan daerah buli,,karena buli adalah daerah saya di besarkan,,
    walaupun skrang saya di bogor melanjutkan study di salah satu Univ Negeri di bogor (IPB),,tapi menurut saya buli sangat indah,,bebas dari polusi,,di banding dgn daerah jawa khusus’a bogor,,,,
    dan yang abang ceritkan itu dah 3 tahun yang lalu,,skrang buli udah lebih maju,,jalan yang berlumpur dan air port yang becek skrang jauh lebih baik dari sebelumnya,,
    nti klo da kesempatan jalan” lgi ja ke buli saya yakin,,abang tidk bsa mebedakan buli dgn daerah jawa,,,dan tdk akan mau lagi balik ke asal,,hehheh,,
    yaaa,,saking maju’a daerah buli,,
    smoga skrang dan kedepannya saya bisa membangun buli lebih baik dari skrang n sebelumnya,,
    salam kenal buat samua,,
    torang samua basudara,,wassalm….

  83. inka said:

    untuk sudara” samua,,,kitong musti bersatu untuk bangun nich buli,,jangan cuman mo baharap seles kuliah kase masuk lamaran kerja di perusahan”,,,klo bisa kitong sebagai anak daerah khussnya buli,,bisa menciptakan lapangan kerja sendri,,n tidak tergantung pda perusahan” yang ada di buli,,trima kasih,,wassalam,,

  84. Arif said:

    Assalamualaikum
    salam buat semua saudara di Buli

    Saya mau bergabung ke sana, insyaallah november ini
    semoga keindahan Buli bisa menghibur hati…. :)

  85. niarobie said:

    akhir desember ini saya mau ke sana. merantau untuk kerja di bidang pendidikan. adakah yang bisa kasih info lebih banyak?
    email/fb : musimbunga@gmail.com
    ym : n_groma

    terima kasih ya…

  86. lilix mayden said:

    buli menyimpan banyak kenangan yang baik dan buruk buat saya….

  87. riko said:

    Buli,,,
    penasaran w. . .

  88. ely said:

    wah infonya cukup mengobati kerinduan sm kakaku yang baru sj kerja di Buli Tambang jg. jadi sedih membayangkan nasibnya.

  89. Orang SP 2 B blok Cilacap said:

    senang rasanya saya bisa baca2 coment-2 kalian.

  90. Rijal Wellyjat Medjaja Kusumah said:

    Buli bagi Gue ga’ asing lah……….gue pernah kerja jg PT YBB. Gue udah hampir nginjak semua daerah pesisir Halmahera Timur demi sesuap nasi dan sebongkah berlian

  91. Dinda said:

    Suamiku lg dines luar ke haltim,, huaa,, sedih rasanya liat foto2nya, n susah sinyal,, tp bharap suamiku baik2 aja,, krn masyarakat dsana baik2 smuanya,,

  92. muhammad kamarullah said:

    saya juga kpengen jalan2 kesana nemuin pacar ku,,,, hehehe ke buli naik pesawat dhe sambil hibrkan ni hati,, buli kabupaten SDM yang banyak ???? semoga buli terus maju,,,,,,

  93. memet batjan end chaca said:

    kapan ya pemerintah lebih cepat memperhatikan lg jalan di buli yang bolong……. agar supaya masyarakat setempat tidak mengeluh dengan keadaan,,,,, pokoknya buli tetap maju terusssss,,,

  94. caca said:

    yang kupengen ke buli;; sambil mengisi hati dalam kesunyian ini,, huuuuuuu kapan dan dan dimana/// saya harus tegar, waduh buli yang bgtu banya SDM ,, klau k amat ke situ bole ga hehehe…. chaca

  95. ritz said:

    ayo siapa lagi yang mau ke buli….????

  96. Saphira said:

    Bang Pay,,,,dan temen laen, tolong kasih aku informasi untuk datang ke Buli, Semantara dari Surabaya, penerbangan apa yang bisa kita ambil ??? Apakah dari Makassar dan pindah pesawat laen menuju Buli, atau bagaimana…terus terang aku kesulitan mencari informasi rute penerbangannya. Dan yang mau bantu aku, tlg kirim via mail :
    ime_sf@live.com
    Trims banyak.

  97. nur said:

    memank perjalan ke buli n maba sangt melelahkan, ,taruhan nyawa, , ,apa lgi saat hujan,bener2 sangt bahaya jalanannya, , huuffs, ,
    met nah, ,

  98. Tri Suyono said:

    Itulah Indonesia, dengan kondisi seperti itu sepatutnya ada perhatian terhadap sarana dan prasarana transportasi di Haltim apalagi dearah ini banyak potensi (pertambangan, pertanian dan perikanan). buli masih mendingan, coba ke pedalaman papua ada satu kabupaten tidak punya tanah kering, semua lumpur dan air, jalan semua diatas papan, saya aja pernah kejongor waktu naik moror listrik. bandara aja pakai plat besi, bayangin mau mandi aja nunggu hujan kelau tidak hujan ya tdk mandi di hotel sekalipun, tp jangan salah minumnya air mineral itu hebatnya. dan masih banyak lg kondisi yang jauh lebih buruk daripada itu. tp jangan salah juga ditempat2 yang seperti itu kesejahteraan penduduk tidak diukur dengan fasilitas mewah, tapi ketenangan hidup yang didukung pendapatan yang lumayan.

  99. Uchen said:

    bgtulah buli, klu msih dlm proses perkembangan. saya yakin buli pasti sma dengan kota2 yang lain, pda tahun2 yang akan dtang.

    putra bulas,

  100. harry said:

    Wah thanks infonya, kebetulan lagi ngerjain FS utk Buli nih….

  101. waka said:

    bagi saya,,,buli adalah bagian dari hidup ku,,,jika ku balik dari rantau,,insya Allah ku adalah salah satu orngg dari sejuta orng yg akan memperjuangkan buli tuk majuke depan,,khususnya kalangn mahasiswa,,klu pemerintah skrng,,,wwwooooooyyyyyy,,,,ngni turun dha,tra harap….

  102. mustaji said:

    mosok to mas? iwak teri dibothok…., ngeri tok…

  103. Vasior said:

    kesimpulan tulisan di atas. ada yg memuja,mengkritik,optimis pesimis,penasaran,cuek, dsb. ( Terserah anda )
    Saya hanya ingin mengingatkan pada siapapun, khususnya yg telah datang atau berniat dtng ke buli untuk pelajari serta menghargai “kearifan lokal orang buli” yg di dalamnya terkandung adat istiadat,norma dan filosofi hidup orang buli,sehingga interaksi dgn penduduk lokal
    dpt berjalan dgn baik.orang buli akan selalu welcome pada anda jika anda menghargai orang buli.

    By.Putra Buli in Sulut.

  104. devin said:

    bangpay salam kenal.saya mau minta tolong info mengenai pengiriman dari surabaya ke desa buli/kota mabapura.saya mau kirim mesin udah satu minggu ini cari info susah banget.tolong saya dibantu bangpay.thks sebelumnya

    • Bunghae said:

      Anda hubungi saja no ini 082188455403

  105. safari said:

    terimaksi, bapak telah berjalan d kabupaten aku yaitu haltim[ kec. buli]
    apa kah bapak merasa tidak nyaman atas kampung terpencil itu,,,,?
    jujur saja pak sy telah membaca apa ynag bapak cntumkan d radar halmahera.

  106. safari said:

    terimaksii,,,,,,,,
    atas kehadiran bapak d buli tapi, bapak jangan ngomong buli itu jelek atau jaln nya becek. klau d dngar warga setempat bapak bisa d keroyok sma mereka lho. jadi, jg ucapan bapak itu ya. buli becek karena perusan bapak jadi wajar. di bogor jg becek ko malah lbh prh lg.

  107. amri said:

    Kalau saya secara pribadi yang kebetulan juga sering keliling pulau-pulau di indonesia, mencoba untuk belajar menikmati apapun daerah-daerah yang dikunjungi. Sebab …. semua yang ada di bumi ini ciptaan Tuhan yang harus disyukuri, jadi tidak perlu kita membanding-bandingkan dengan tempat lain, yang seakan-akan ada yang baik dan ada yang buruk. Bagi saya pribadi semua tempat adalah baik, dengan rumus sangat sederhana yaitu “kebaikan itu bertebaran disekitar kita dan ia hanya bisa dipahami oleh HATI yang sengaja memper-HATI-kan”. JAdi hidup ini akan lebih terasa indah kalau menggunakan HATI dan bukan hanya PIKIRAN. Bahkan rambu-ramu lalu lintas saja, tulisannya hati-hati dan bukan pikir-pikir he..he..he…. semoga kita semua bisa mengambil hikmat dimanapun kita berada.

    • amri said:

      Apakah temen-temen Buli ada yang hobi bersepeda, kebetulan saya ingin menikmati buli dan sekitarnya dengan bersepeda pada awal bulan mei 2012 ini, tolong infonya ke FB saya ya Mas. Amri atau Mas. Amri Dua

  108. loce said:

    Apapun kata orang, buli tetap di hati. Karena disanalah aku di besarkan.. salam kenal^^

  109. warga depok said:

    Buli itu tempat tertenang yang pernah ane rantaui.. jangan asal ngemeng neraka deh gan, kaya pernah ke neraka aja..

  110. Rafli said:

    “Untuk ukuran Indonesia Timur, buli termasuk rame. Tapi untuk ukuran sampeyan yang tinggal di jawa, buli itu neraka.”kalau kaya neraka ngapain kamu ke sana,nyari uang di sana lagi.bego di plihara…!!!!!!

  111. ake ternate said:

    dimata loe buli neraka bung tpi tidak untuk orang2 yg bekerja disana… surga buat mereka… jangan asal bacot loe…

    • bunda farel said:

      betul banget sodara,,,orang lain boleh2 aja mengatakan buli itu neraka tpi sy tdk,,bagi sy buli adalah sorga krn di sinilah sy,suami dan anak2 hidup dn menata masa depan…yg mau wisata ke buli. monggo,,,,buli tempatx asyik,,bisa mendaki gunung,,bisa berang,,mancing,menyelam dll,,,di buli jg nyari makan ga susah karna di sini baxk warung makan dan restoran,,mau nginep jg baxk hotel murah mau pun yg berkelas seperti hotel kartika,hotel sailal dll,,,di sini masyarakatx ramah tamah,,tingkat keamanan disni jg no 1.jd jgn takut untuk ke buli,,dijamin ga nyesel….

  112. Hatta said:

    Ada obyek pemandangan yg indah gak di buli, yg bisa dieksplor dg foto?

  113. fernando said:

    i like buli, maba haltim

    • fernando said:

      aku ingin nyari duit di sana…

  114. lydia said:

    salam….Subhanallah..BULI…beberapa puluh tahun lalu,usia sy waktu itu baru berusia 7 tahun.Bapak saya yang seorang polisi sedang bertugas di pulau Buli. Dapat dibayangkan kondisi pulau Buli sperti apa waktu itu….walaupun sangat kekurangan,Alhamdulillah kami sekeluarga mampu bertahan .Kami kembali ke Ternate pada tanggal 31 Desember 1984 karna ayah tercinta menghembuskan nafas terakhirnya saat itu di pulau Buli.semenjak itu kami tak pernah lagi kembali ke pulau kenangan itu.Terima kasih atas informasi BULI ini,sekilas kenangan kembali.

  115. agustina said:

    Bangpay ….lam kenal Sekarang g nyampe 4 jam klu cm buli -subaim ya…..1 jaman gt trus dah bs di tempuh dgn X-oVER q, dah mulai bagus jd jgn kapok y….go show aj tar singgah d subaim ad BAROKAH hotel &resto di situ ,heem kmi satu2 resto yg menyediakan ayam goreng kampung dgn rasa yg lezat….mampir y

  116. alinda said:

    waaaaaaaaaaaa………………….jadi kangen pengen ke BULI lagi….moga judul TA saya di acc….jadi bisa puas maen ke BuLI….hihihihihihi thx infonya ;)

    • ridho qaryady said:

      alinda aku nitip no tlp aku ya 081354808288 a/n ridho qaryady… aku mau mnta info2 nya tentang suasana di buli masalahx waktu dekat ini aku mau ke buli jalan2… thanks ditungguin tlpnya

  117. leks said:

    buli? hmm… banyak penghianatnya…

  118. Woww ternyata buli kaya gtu,pantes suami saya susah dpt sinyal,kasiaan,,kmrn bru mulai kerja d pt yudistira bumi bhakti,tanjung buli,,

  119. nichu said:

    Gimana kabarnya buli udah hampir 4 thn gak pernah ke nuli neh…

  120. Ghatot said:

    Itulah Indonesia, Saya besar Di Pulau Gebe Kuliah Di Jogya, but menurut saya Buli Island idem ama Gebe Island, saya pingin sih ke Buli, jalan kapan ya………

  121. Yaa… Maklumlah, Buli maba dll.. kabupaten Halmahera itu kn bisa dbilang blum lama pemakarannya,,jdi maklum klo fasilitas bandara jalanan dll kurang memadai,,,tp kab. haltim itu tempat mencari fulus dgn hitungan wkt yg cepat,,,tempat kalian mau karir anda cerah ya d situ d subaim ada PT Harita, Di buli ada PT. Antam Persero Tbk, dn juga PT. Yudistira,dll ya itu da d kab. haltim, trus di Malifut kab. halut Tambang Emas PT Nusa Halmera Mineral dn jga d Kota Weda kab. Halteng Ada PT Weda Bay Nickel dn jga anak perusahaan dri Weda bay nickel,,jdi kalian bisa berkarir d situ tmpatnya karir anda terjamin,,kehidupan kalian brubah,,,bisa beli rumah,, mobil Mewah Sperti HUMMER jga psti kalian bisa beli….Mas bro coba” main-main ke Weda kab Halteng Akses k sono ga bisa lewat ranporasi Udara,,lewat darat aja,,dri ternate k sofifi trus dri sofifi k weda naik mobil penumpang,,mobilnya Toyota Avanza, Kijang Inova, Suzuki Ertiga, Grand Livina dll,,SmuanNYA Full Musik, Full AC, Ongkos sofifi ke weda cuman Rp 100.000,,Kren kn mas bro..!!!Thanks_#Mr. Ipang_ ,,

  122. siska said:

    pengen kebuli tapi gak pux teman disana…..teman2 dibuli ada gak yg bisa kasi info mngenai buli..kontak ajah di noq 085240717788

    • bunda farel said:

      klo mba siska mau ke buli,,,cari aku aja bunda farel syamsurya loundry,aku siap bantu info mengenai buli..ini nmrku 082195084464.

  123. suhardin said:

    ada ga yang tau nmor tlpon kanpel buli,,, d shre dong..

  124. bunda farel said:

    buli skarang udh maju lho,,,udh berkembang banget,,,bandara udh bagus,,pelabuhan jg udh bagus walaupun smua itu masih dalam tahap pembangunan..tpi mudah mudahan dari tahun ke tahun buli mengalami kemajuan yg pesat,,itu harapan sy sebagai warga buli(walau pun sy bukan orang buli,sy bugis dri makassar ikut suami yg kerja PT.ANTAM.)buli itu indah,damai dan tentram. I LOVE BULI

  125. baroq said:

    benar juga yang disampein bunda farel,cos d pertengahan bulan september sy baru kesana dan waktu itu sempet merasakan indahnya alam disana walaupun beberapa hari saja karena sedang dalam tugas perusahaan.
    pertengahan desember ne rencana mo kesana lagi moga aja bisa ketemu ma bunda farel y!! krens tujusnnys ke PT. ANTAM juja.
    Lam kenal wat smuanya.

    • bunda farel said:

      mpe ketemu di buli yaaaa

  126. Arisus said:

    Saya juga pernah ke buli, lumayan lama saya disana sekitar 5bulan, 2 bulan tinggal di mes PT Yudistira, 3 bulan tinggal dirumah kontrakan karena mes di PT Yudistira sudah penuh,
    Tanjung Buli memang mantap, kalau belanja cemilan kita pasti ke Graha, sempat juga main ke air terun di Subaim, waktu saya kesana, jalanan sudah diaspal, bandara uga sudah oke, ya meskipun sinyal HP masih susah,
    Semoga aku bisa balik lagi ke Tanjung Buli.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: